Cara Kerja Website

Posted by

Cara Kerja Website

Cara Kerja Website | Pengertian Website | Cara Kerja Internet | Ilustrasi Cara Kerja Website


Semester III ini ane dapat tugas dari dosen Perancangan Web, sebelum ane belajar jauh tentang web pertama kali dosen memberi tugas untuk mencari "Bagaimana sih cara kerja website?". Nah setelah ane browsing ane ketemu jawabannya gan. Ok langsung aja penjelasannya tentang cara kerja website.


Apa itu Website?

Website adalah kumpulan webpage (halaman web) yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. Semua website pasti mempunyai domain dan web server. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan berbagai perabotan rumah tangga.

Bagaimana cara kerja website?

  1. Pertama, misal Anda ingin mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
  2. Tentunya Anda terlebih dahulu akan menjalankan aplikasi web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome, Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
  3. Anda lalu mengetikan URL (Uniform Resource Locator) atau domain di web browser, misal www.google.com atau google.com.
  4. Nah pada saat itu domain yang Anda ketikkan tersebut perlu diterjemahkan menjadi alamat IP karena komputer Anda sebenarnya hanya bisa mengakses alamat IP. Tugas penerjemahan ini dilakukan oleh Domain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang didapatkan dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server tersebut.
  5. Setelah web server menerima permintaan (request), web server lalu akan memprosesnya (process) dan memberikan hasil data (output). Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client, namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404 Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi dibawah ini.


Istilah Penting

Webpage adalah halaman yang ditampilkan di sebuah website di internet
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
DNS (Domain Name System) adalah adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host.
Web Serveradalah perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
IP adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan TCP/IP untuk komunikasi antara node-nya.
Sumber : www.cybersatria.com/internet/7-cara-kerja-website ; www.nrapradita.blogspot.com/2012/09/cara-kerja-web-dan-web-server.html


Artikel Terkait

Blog, Updated at: 00.21

1 komentar:

Jika posting ini bermanfaat mohon tinggalkan jejak komentar, demi masa depan bangsa gan :v

Diberdayakan oleh Blogger.

Mahasiswa Masa-Gini?

Copyright © 2014 Catatan Mahasiswa - @AwidiyaDew . All Rights Reserved. New Johny Wuss Template